Rabu, 25 Mei 2016

Kemarin, hari ini dan esok

kemarin adalah sebuah cerita, hari ini adalah hidup dan esok adalah harapan

"Kemarin adalah sebuah cerita, hari ini adalah hidup, esok adalah harapan"

Waktu terus berjalan dan selalu sama jumlah jamnya dari hari demi hari, walaupun ada kalanya terasa sangat lambat untuk sesuatu pekerjaan yang membosankan dan akan terasa sangat cepat pada saat semua terasa menyenangkan dan pada saat kita harus mengerjakan sesuatu pekerjaan yang penting dan mendesak.
Terkadang kita melewatkan hari begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu yang baik dan berguna bagi kehidupan kita dan orang lain, Tanpa membuat hari yang kita jalani berarti walaupun untuk diri kita sendiri sekalipun. Setelah hari berlalu dan waktu telah menjadi masa lalu, barulah kita sadar mengapa diwaktu lampu kita tidak melakukan ini dan itu?

Sahabat, hari kemarin sudah berlalu dengan semua keindahan serta keterpurukannya, dan segala sesuatu yang sudah kita lalui di dalam hidup ini tidak akan pernah dapat kita perbaiki lagi. Apakah akan kita sesali kehidupan dimasa yang lampau? Tidak, bahkan kita harus bersyukur dengan segala sesuatu yang telah menjadi kenyataan meskipun itu baik atau buruk sekalipun, karena hari kemarin sudah menjadi sebuah cerita bagi kita dan orang lain, dan kita dapat belajar dari cerita sejarah hidup tersebut agar dihari ini dapat melakukan yang lebih baik daripada kemarin.

Sahabat, hidup adalah saat ini dan hari ini, biarlah hari kemarin menjadi sebuah cerita dengan segala kenangan yang ada serta pembelajaran bagi hidup kita di hari ini. Bersyukurlah untuk hari ini karena di hari ini kita dapat merangkai sebuah cerita sesuai dengan apa yang  kita inginkan. Buatlah hari ini menjadi berarti untuk diri sendiri dan orang lain, agar di hari esok menjadi sebuah cerita yang manis dan indah yang mewarnai kehidupan ini.

Sahabat, hidup adalah untaian waktu yang tak terputuskan dari hari ke hari. Hari ini tidak akan pernah terlepas dari hari kemarin dan akan menjadi suatu rentetan cerita sebab akibat, kemarin akan mengakibatkan hari ini dan hari ini mengakibatkan hari esok. Selama kita masih diberikan hari ini oleh Tuhan, berikanlah yang terbaik yang dapat dilakukan untuk hari ini sebagai fondasi esok hari dan biarlah segala kesusahan dan kesenanganhari ini cukup untuk satu hari saja.

Sahabat, esok hari adalah harapan, karena di waktu yang akan datang masih merupakan sebuah ketidakpastian hidup dan kita hanya mempunyai sebuah harapan dan rencana untuk menjalaninya. Apakah kita tahu apa yang akan terjadi esok hari? Apakah kita tahu bahwa kita pasti dapat menikmati hari esok? Tetapi apakah kita harus takut akan hari esok? Tidak, karena kita sudah menanam dihari kemarin dan merawat serta menanam dihari ini untuk kita tuai di esok hari.
Hari ini kita berharap dan berdoa semoga esok hari kita akan dapat menuai, menanam dan merawat segala sesuatu yang indah dan baik dari hari-hari yang kita lalui.

Tuhan, aku bersyukur atas segala sesuatu yang telah terjadi hari ini dan di waktu yang lalu, Ajarkanlah kami untuk selalu melakukan yang terbaik yang mampu kami lakukan menurut kehendak-Mu dihari-hari yang akan datang. Amin

Tonton juga beberapa video kumpulan kata kata bermakna, pepatah Jawa dan musikalisasi puisi dari channel youtube saya: Channel Ungkapan Hati 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar