Kamis, 19 Mei 2016

Tiada usaha yang sia-sia

mintalah carilah ketoklah

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu. Carilah, maka kamu akan mendapatkan. Ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu"
Mat 7: 7

Saya memberikan judul  Tiada usaha yang sia-sia pada artikel ini karena itulah yang penulis dapatkan dari kalimat yang tertera pada kalimat bermakna di atas. Kalimat di dalam gambar tersebut disadur dari Alkitab Mat 7: 7 dan bagi saya kalimat di atas sangatlah berarti karena selalu memberikan motivasi di dalam menjalani hidup ini.

Di dalam paragraf Alkitab yang memuat kalimat tersebut di atas sebenarnya merupakan pengajaran tentang doa dan kasih Tuhan kepada manusia, dimana pada saat kita berdoa dan meminta sesuatu kepada Tuhan pastilah kita akan mendapatkan yang baik dari Tuhan. Adapun kelanjutan dari ayat tersebut adalah: " Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Mat 7: 8-11)

Tetapi di dalam tulisan ini penulis hanya mengambil kalimat di ayat 7 dan belajar mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari dimana isi dari kalimat tersebut banyak terjadi di kehidupan ini dan menjadikan banyak orang sukses dengan tidak pernah menyerah dalam usaha yang mereka jalani.

Sebagai contoh yang sudah tidak asing lagi misalnya:
- Kolonel Sanders pendiri KFC yang terus mencari dan menawarkan resep ayam goreng yang ia buat sampai kurang lebih seribuan kali dan akhirnya mendapatkan orang yang mau membeli resepnya dan sekarang jadilah KFC yang begitu terkenal dan ada dimana-mana. Tiada usaha yang sia-sia yang sudah dilakukan oleh Kolonel Sanders.

- Thomas Alva Edison, penemu lampu pijar, ia mencari dan mencoba berbagai macam teknik untuk menyalakan lampu pijar hasil gagasannya, dan setelah melakukan seribuan kali mencoba akhirnya ia berhasil membuat lampu pijar yang sangat bermanfaat di kehidupan ini dan menjadi terkenal sampai sekarang.

- Bunda Teresa, pada masa-masa awal pelayanan misionarisnya di India, dia harus selalu mengetok pintu rumah orang untuk memohon bantuan makanan dan persediaan untuk kelangsungan pelayanannya. Tidak jarang dia ditolak tetapi dengan tiada putus asa beliau terus melakukan itu untuk mewujudkan misi kemanusiaannya. Dan pada akhirnya beliau berhasil dengan misi pelayanannya dan sangat dicintai dan dihormati sampai pada saat beliau meninggal dunia. Tidak ada yang sia-sia dari jerih payah yang dilakukan oleh Bunda Teresa untuk misi kemanusiaannya.

Dan masih banyak lagi contoh orang yang tidak putus mencari, meminta dan mengetok pintu yang pada akhirnya mendapatkan sesuatu yang baik di dalam kehidupan mereka karena Tuhan pasti akan memberikan yang baik. Contoh di atas adalah contoh-contoh yang terkenal, tetapi banyak juga contoh kecil di dalam kehidupan ini,  baik yang disadari maupun tidak telah melakukan prinsip seperti kalimat di atas dan mendapatkan yang baik di dalam kehidupannya.

Dan bagi para pembaca tulisan saya ini, apabila ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan memberikan komentar dan masukan. Terima kasih.

Tonton juga beberapa video kumpulan kata kata bermakna, pepatah Jawa dan musikalisasi puisi dari channel youtube saya: Channel Ungkapan Hati 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar