Senin, 16 Mei 2016

Tidak ada hari yang sama

"Walaupun setiap hari matahari terbit dari arah yang sama, tetapi tidak akan pernah ada hari kemarin dihari ini"

Sepanjang kehidupan yang telah kita jalani yang diawali dengan kelahiran kita di dunia dan nantinya pasti akan diakhiri dengan kematian. Banyak hal-hal yang dapat kita ulangi dan ada juga hal yang tidak dapat diulang di dalam masa hidup kita.
Walaupun Matahari selalu terbit dari arah yang sama tetapi tidak akan pernah ada hari kemarin di hari ini
Sebagai contoh hal yang dapat kita ulang misalnya adalah kita mengulang menonton film yang sama, mengulang sekolah apabila kita tidak naik kelas atau lulus. Adapun untuk hal-hal yang tidak dapat kita ulang, misalnya adalah kelahiran, kematian dan waktu. Dalam contoh hal yang dapat diulang seperti tersebut di atas pun hanyalah kegiatannya saja yang dapat diulang akan tetapi tidak demikian dengan waktunya, karena waktu akan tetap berjalan terus dan tidak dapat diulang kembali.

Apakah sebenarnya yang ingin disampaikan? Yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini adalah: tidak akan pernah ada suatu hal yang dapat kita ulang atau pun kita perbaiki pada saat suatu hal itu sudah terjadi dan apapun yang kita lakukan setelahnya tidak akan pernah dapat merubah kenyataan saat itu. Dengan kita tahu dan sadar akan hal tersebut dan agar tidak ada penyesalan pada saat semua sudah menjadi sebuah kenyataan, maka diharapkan pada saat kita melakukan segala kegiatan di dalam hidup sehari-hari kita melakukan dan memberikan yang terbaik yang mampu kita lakukan, baik di dalam kegiatan yang dirasa penting atau pun tidak penting, entah hal yang dianggap besar atau pun yang dianggap kecil.

Mungkin ada sebuah pertanyaan, Apakah apabila kita sudah memberikan atau melakukan yang terbaik menjamin bahwa kita akan selalu berhasil dan sukses? Belum tentu, tetapi yang pasti adalah apabila kita sudah melakukan yang terbaik yang mampu kita lakukan tidaklah timbul sebuah rasa penyesalan di dalam hati kita. Mengapa demikian? Karena seandainya hasilnya gagal sekalipun sudah tidak ada yang mampu kita perbuat lagi, sebab kita sudah melakukan sebatas yang mampu kita lakukan. Perlu kita ingat pula bahwa di dalam setiap hal yang kita lakukan ada faktor eksternal di luar kendali kita yang juga berpengaruh terhadap hasil akhir, seperti ungkapan "manusia hanya berusaha (maksimal) tetapi Tuhan yang menentukan".

Sahabat, sepanjang hidup tidak akan pernah ada hari yang sama dan waktu yang berulang, jika mampu melakukan yang terbaik untuk saat ini dan hari ini, maka lakukan itu dan jangan pernah biarkan ada penyesalan dihari esok karena hari kemarin seharusnya kita mampu melakukan yang lebih baik tetapi tidak melakukannya.

Tonton juga beberapa video kumpulan kata kata bermakna, pepatah Jawa dan musikalisasi puisi dari channel youtube saya: Channel Ungkapan Hati 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar