Jumat, 10 Juni 2016

Melakukan hal-hal kecil

Melakukan hal-hal kecil dengan sungguh-sungguh dan benar dalam hidup bukanlah suatu hal yang kecil

"Melakukan hal-hal kecil dengan sungguh-sungguh dan benar dalam hidup bukanlah suatu hal yang kecil"

Melakukan hal-hal kecil di dalam kehidupan yang kita jalani sehari-hari adalah sebuah rutinitas yang tanpa kita sadari hanya berjalan apa adanya secara naluri dan biasanya sudah tidak kita pikirkan lagi, misalnya : bangun tidur, mandi, makan, pergi ke sekolah atau kerja, pulang sekolah/kerja, dan akhirnya tidur dan keesokan harinya bangun lagi dan melakukan hal-hal yang sama setiap hari tanpa memikirkannya karena kita menganggap bahwa semua hal tadi adalah hal kecil yang tidak perlu ada pemikiran khusus dan kita sudah menganggap semuanya umum dan benar. Kita menganggap bahwa hal-hal yang besar yang terjadi di dalam kehidupan kita tidak ada hubungannya atau bahkan terpisah sama sekali dengan hal-hal yang sepele tadi.

Seperti lazimnya kehidupan ini semua dimulai dari kecil, kita lahir dari bayi kecil dan akhirnya menjadi besar seiring bertambahnya waktu yang kita lalui setiap hari. Demikian pula hal-hal yang besar yang terjadi di dalam kehidupan kita entah itu hal besar yang menguntungkan kita ataupun permasalahan besar yang menghimpit hidup ini pastilah bermula dari hal-hal kecil yang mungkin awalnya tidak kita sadari atau kita bahkan remehkan lama kelamaan menjadi besar.

Pada saat kita melihat seseorang yang sukses dalam kehidupan ini, biasanya yang kita lihat atau bahkan seandainya kita tanya kepada orang yang sukses tersebut adalah hal-hal besar yang dilakukannya, karena seperti pada umumnya di dunia ini bahwa yang kecil tidaklah kelihatan karena tertutup oleh yang besar atau seolah-olah besar. Untuk mendapatkan suatu kesuksesan yang besar pastilah orang tersebut belajar terlebih dahulu dari kesuksesan-kesuksesan dalam hal kecil yang pada akhirnya menjadi sebuah kesuksesan yang besar dan terlihat.

Demikian pula di dalam kesalahan yang terlihat besar pastilah dimulai dari kesalahan-kesalahan kecil yang ditoleransi atau tanpa disadari sehingga lambat laun menjadi besar dan barulah kita sadar bahwa ada suatu kesalahan yang besar telah terjadi.

Hal-hal kecil di kehidupan kita biasanya kita lakukan dengan seadanya tanpa suatu kesungguhan hati dan kita memberikan toleransi terhadap hasil atau kebenaran dari hal kecil yang kita lakukan. Jarang sekali kita melakukan dengan sungguh-sungguh dan benar hal kecil dikehidupan ini, padahal dari hal kecil itulah hal besar di dalam hidup kita dihasilkan.

Kalimat dalam gambar di atas bukanlah hasil pemikiran dari penulis, tetapi inspirasi dari seorang sahabat penulis dan beliau yang mengajarkan bahwa "melakukan hal-hal kecil di dalam hidup ini dengan sungguh-sungguh dan benar bukanlah suatu hal yang kecil karena kita sudah terbiasa melakukannya tidak dengan kesungguhan hati apalagi dengan benar".

Sahabat, segala sesuatu bermula dari kecil, jadi jangan pernah meremehkan ataupun mengabaikan sekecil apapun hal-hal yang ada dikehidupan kita agar pada saat menjadi besar hal-hal tersebut menjadi suatu kebaikan bagi hidup kita. Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar