Senin, 20 Juni 2016

Perlakukanlah orang lain seperti engkau ingin diperlakukan

Perlakukanlah orang lain seperti engkau ingin diperlakukan

"Perlakukanlah orang lain seperti engkau ingin diperlakukan"

Pada suatu kondisi yang kurang baik, terkadang kita merasakan betapa mengecewakannya perlakuan lingkungan sosial di sekitar kita. Bahkan kita sampai merasa betapa tidak adilnya perlakuan dunia dan kehidupan ini terhadap hidup kita, dimana teman menjauh dan seolah tidak ada seorangpun yang peduli dan menghargai kita.

Satu hal yang mungkin sering kita lupakan pada saat mengalami kondisi seperti di atas, pernahkan kita berpikir dan bertanya pada diri sendiri, apakah pada saat hidup kita dalam kondisi yang baik kita peduli terhadap teman yang sedang mengalami situasi yang kurang baik? Apakah pada saat kita mengalami keberuntungan kita peduli dan berbagi dengan sesama yang belum beruntung? dan mungkin masih banyak pertanyaan serupa seperti yang tersebut di atas.

Sahabat, kehidupan bukanlah sepotong cerita yang berkesudahan dari hari ke hari tetapi kehidupan adalah suatu cerita panjang yang yang selalu terkait dari satu kejadian berlanjut kepada kejadian berikutnya. Apa yang kita lakukan kemarin akan selalu berpengaruh terhadap kita dan lingkungan di sekitar kita atau bahkan untuk suatu kejadian atau peristiwa yang besar dapat mempengaruhi kehidupan secara global.

Kembali pada kalimat dalam gambar di atas, marilah kita belajar mencoba berpikir dari sudut padang orang lain sebelum melakukan sesuatu yang berhubungan dengan orang lain, entah orang tersebut adalah istri/suami, anak, orang tua, teman ataupun kepada siapapun yang berhubungan dengan kita. Dengan berpikir seperti di atas sebelum melakukan sesuatu, maka kita akan mengerti bagaimana seharusnya memperlakukan orang lain. Pada saat kita merasa bahwa perlakuan tertentu akan menyakitkan hati kita, maka janganlah lakukan hal tersebut kepada orang lain dan apabila hati kita merasa bahwa perlakuan tertentu akan menggembirakan maka lakukanlah hal tersebut kepada orang lain dan seterusnya.

Sahabat, ukuran yang kita pakai terhadap orang lain pastilah suatu saat akan digunakan oleh orang lain untuk mengukur kita, perlakuan kita terhadap orang lain pastilah akan juga diperlakukan terhadap kita. Akhir kata, marilah kita kita belajar untuk mengeti dan menghargai sesama kita agar sesama kitapun akan mengerti dan menghargai kehidupan yang kita jalani. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat yang membacanya, terima kasih.

Tonton juga beberapa video kumpulan kata kata bermakna, pepatah Jawa dan musikalisasi puisi dari channel youtube saya: Channel Ungkapan Hati 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar