Selasa, 23 Agustus 2016

Hidup tidaklah semudah yang terlihat

Menjalani dan menjadi pelaku kehidupan tidaklah semudah seperti apa yang terlihat

"Menjalani dan menjadi pelaku kehidupan tidaklah semudah seperti apa yang terlihat"

Dalam kehidupan sehari-hari yang sudah kita jalani banyak terjadi hal-hal yang baik maupun buruk. Terlepas apakah kejadian tersebut kita alami sendiri atau pun dialami oleh orang lain, bahkan kita hanya mendengar cerita ataupun membaca berita dari media. Sering kali sebagai orang yang mengalami, mendengar atau hanya sekedar membaca berita, dapat membuat dan memicu kita untuk mengomentari kejadian tersebut. Bahkan kita berkomentar tanpa kita mencoba untuk berpikir dan mengerti mengenai apa yang kita lihat dan kita dengar tersebut. Secara umum hal tersebut di atas adalah sesuatu yang normal dan mungkin sebagian besar orang melakukannya.

Sebelum kita berkomentar tentang hal-hal yang belum tentu kebenarannya tersebut mungkin akan lebih baik apabila kita terlebih dahulu mencoba berpikir seandainya kita yang menjadi pelakunya. Sehingga dengan demikian kita tidak akan dengan gampangnya berkomentar atau bahkan menghakimi orang lain berdasarkan suatu hal yang menurut kita seharusnya tidak seperti itu. Akan tetapi seandainya kita sendiri yang menjadi orang tersebut, apakah kita pasti lebih baik atau lebih berhasil? Menurut saya belum tentu atau bahkan bisa jadi jauh lebih buruk.

Sebuah contoh pada suatu pertandingan sepak bola, pada saat kita hanya menjadi penonton di luar lapangan yang tidak ikut menjadi pelaku pertandingan tersebut, maka kita akan dengan mudahnya berkomentar atau mengatakan misalnya: "tadi seharusnya si A dapat membuat gol karena begini dan begitu" menurut penilaian kita yang hanya melihat, seolah-olah melakukan hal tersebut adalah mudah. Tetapi pada kenyataannya kita hanyalah penonton dan mungkin kita sendiri tidak dapat bermain sepak bola dengan baik atau bahkan tidak bisa sama sekali. 

Setiap insan di dunia ini merupakan pelaku-pelaku dari sebuah kisah kehidupan secara global dan juga kisah kehidupan dalam sekala yang lebih kecil hingga kisah tentang diri sendiri. Memang terkadang apa yang dijalani dan dilakukan oleh orang lain terlihat mudah, karena kita hanya menjadi penonton dari kehidupan yang dijalani dan dilakukan oleh orang lain tersebut. 

Sahabat, tidaklah semudah yang kita lihat dan kita pikirkan dalam menjalani dan menjadi pelaku kehidupan untuk peran di luar peran yang kita mainkan. Marilah kita saling menghormati dan menghargai apapun hasil yang diperoleh dari jerih payah yang dilakukan oleh orang lain karena tidaklah mudah dia melakukan dan mencapainya.

Dan semua ini hanyalah sebuah ungkapan saya, yang mungkin saya sendiri belum dapat melakukannya. Tetapi saya berharap dengan menuliskannya akan memicu saya untuk belajar menjadi lebih baik, demikian juga harapan saya bahwa tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan pembaca, terima kasih.

Tonton juga beberapa video kumpulan kata kata bermakna, pepatah Jawa dan musikalisasi puisi dari channel youtube saya: Channel Ungkapan Hati 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar